Kamis, 02 Juli 2015

Hymn Story: Does Jesus Care?

Does Jesus care when my heart is pained
Too deeply for mirth and song-
As the burdens press, and the cares distress,
And the way grows weary and long?
CHORUS: O yes, He care- I know He cares!
His heart is touched with my grief;
When the days are weary, the long nights dreary,
I know my Savior cares.

          “The Sunshine Minister”, demikianlah julukan yang diberikan kepada Pdt. Frank E. Graeff oleh para jemaatnya. Frank Graeff (1860-1919) menerima panggilan khusus dari Allah dari semenjak ia masih muda, untuk melayani anak-anak. Dia terkenal karena kemampuannya untuk bercerita dan menulis artikel bagi anak-anak di berbagai publikasi.
          Graeff sendiri dikenal sebagai pribadi dengan sikap yang sangat positif dan selalu ceria, yang membuatnya dijuluki sebagai pendeta sinar matahari. C. Austin Miles, penulis lirik himne “In The Garden” mengenang Graeff sebagai seseorang yang mampu menarik orang dengan kesuciannya dan memiliki iman seorang anak-anak.
          Namun kehidupan Graeff ternyata tidak selalu bersinar secerah julukannya. Keceriaannya tersebut justru ditunjukkan di tengah berbagai masalah yang dihadapinya, dan seringkali masalah tersebut sebenarnya sangat pelik dan sulit.
          Pada masa lirik himne ini ditulis, Frank Graeff tengah menghadapi masalah fisik yang berat, ditambah dengan meninggalnya adik perempuannya yang hubungannya sangat dekat dengan dia. Kepergian adik perempuannya ini menyusul ayah, ibu dan dua saudara perempuannya yang lain yang sudah dipanggil Tuhan terlebih dahulu. Di tengah masa kesedihan yang mendalam, keraguan dan kesakitan ini, Graeff mulai meragukan realita kehadiran Allah di dalam penderitaannya.
Saat Graeff tengah mencari penghiburan dan kekuatan dari Alkitab, matanya tertuju pada 1 Petrus 5:7,”Cast all your anxieties on Him, because He cares for you”. Betapa Allah mengerti dan peduli akan penderitaannya! “Sebab Ia yang memelihara kamu”. Setelah merenungkan firman Tuhan tersebut, Graeff menuliskan lirik lagu ini, dengan suatu keyakinan dan seruan imannya yang sudah dikuatkan kembali oleh Tuhan,” O yes, He cares, I know He cares!”.
          Biarlah kisah ini mengingatkan kita, bahwa di dalam segala kekhawatiran dan keraguan yang kita hadapi saat berjalan bersama Kristus, Ia selalu berada dekat kita, siap menolong. Ia sungguh-sungguh peduli. Dan saat kita akhirnya sungguh-sungguh menyadari penyertaan-Nya, kita akan mampu bernyanyi bersama Graeff, ”I know my Savior cares”.

Berikut link not balok untuk himne ini.

Diterjemahkan oleh Sofia Limantara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar